PINK FLOYD (Resensi Musik)

special-pink-floyd-wallpaper-by-zeozozolen-dldu

Berikut adalah resensi musik dari salah satu band favorite dunia sepanjang masa dan karya-karya yang membuat mind blowing and eargasm para pendengarnya, dengan asiknya iringan musik yang dibawakan para anggota pemusik dari band Pink Floyd yang berasal dari london, Inggris.

1-Pink-Floyd-HD-Wallpaper

Menjadi salah satu band favorite saya sendiri dan lagu dari album-album mereka pun menjadi salah satu playlist kesukaan saya, Band Pink Floyd adalah band progressive rock asal Inggris yang terkenal karena komposisi lagu-lagunya yang bergaya bombastis, sampul-sampul albumnya yang indah dan konser-konsernya yang megah. Pink Floyd adalah salah satu kelompok musik rock yang paling sukses secara komersil, pada saat ini berada di peringkat ketujuh dalam jumlah album terjual di seluruh dunia. Album mereka mulai direkam pada tahun 1966 dan terakhir merekam album studio pada tahun 1994. Secara surat kabar mereka telah terbentuk dalam tahun 1965 dan bubar dalam 1995. Dan terakhir mengadakan reuni dalam bentuk konser termegah pada tahun 2005 lalu dengan anggota band secara lengkap.

pink-floyd-007

103670-pink_floyd_617_409

Pink Floyd berasal dari band-band sebelumnya yang bernama antara lain Sigma 6, T-Set, Meggadeaths, The Screaming Abdabs, The Architectural Abdabs dan The Abdabs. Kemudian band ini diberi nama baru The Pink Floyd Sound dan kemudian The Pink Floyd. Sebelum merilis album pertama nama ini sudah dipersingkat kembali menjadi Pink Floyd. Asal nama ini adalah dua musisi blues Pink Anderson dan Floyd Council.


PERSONIL & PROFESI

Pink-Floyd-band

-PINK FLOYD-


092313-weekend-rock-intro-623-1379960839

479px-Davidgilmour
David Jon Gilmour (David Gilmour) sebagai Gitaris, vokalis dan song writer Pink Floyd. Sekarang berumur 69 tahun.

453px-RogerWaters03
George Roger Waters (Roger Waters) sebagai Pendiri Pink Floyd bersama Syd Barret, Nick Mason, dan Rick Wright, Bassis, song writer, dan vokalis Pink Floyd. Sekarang berumur 71 tahun.

PinkFloydLeedsRettie005MHG


30_MHG_mason
Nicholas Berkeley Mason (Nick Mason) sebagai Drummer dan salah satu pendiri Pink Floyd bersama Roger Waters dan Rick Wright. Sekarang berumur 71 tahun.

Nick Mason Live Photos (9)


richard-wright

679px-Rickwright
Richard William Wright (Rick Wright) sebagai Pianis/keyboardis, song writer, dan vokalis latar Pink Floyd. Rick Wright Meninggal Dunia 15 september 2008 pada umur 65 tahun.

ALBUM & TRACK

Pada awalnya Pink Floyd memiliki personil awal Bob Klose (gitar), Syd Barrett (vokal, gitar), Richard Wright (keyboards), Roger Waters (bass) dan Nick Mason (drums) sebelum masuknya David Gilmour (mengisi bagian Syd Barret).

  • Sebelum Kemunduran diri dari Bob Klose dan Syd Barret Pink Floyd telah memiliki album pertama mereka yang berjudul The Piper at the Gates of Down.
PinkFloyd-album-piperatthegatesofdawn
The Piper at the Gates of Dawn (1967)

Setelah Bob Klose mengundurkan diri dari Pink Floyd dengan masih bergabungnya Syd Barret sebagai vokal dan gitaris, juga masuknya David Gilmour dalam formasi Pink Floyd tahun 1967.

  • Pada April tahun 1968 album kedua pun rilis yang Berjudul A Saucerful of Secrets

“Let There Be More Light” (Roger Waters) – 5:38
“Remember a Day” (Rick Wright) – 4:33
“Set the Controls for the Heart of the Sun” (Roger Waters) – 5:28
“Corporal Clegg” (Roger Waters) – 4:13
“A Saucerful of Secrets” (Roger Waters/Rick Wright/David Gilmour/Nick Mason) – 11:57
“See-Saw” (Rick Wright) – 4:36
“Jugband Blues” (Syd Barrett) – 3:00

  • Setelah keluarnya Syd Barrett dan serilisnya album A Saucerful of Secrets (1968) David Gilmour menjadi vokalis utama dan gitar, pada tahun 1969 album ketiga yang berjudul UmmaGumma yang memiliki dua buah disc dari live album dan studio album pun diterbitkan

Disc one: live album
“Astronomy Domine” (Syd Barrett) – 8:29
“Careful with That Axe, Eugene” (Roger Waters/Rick Wright/David Gilmour/Nick Mason) – 8:50
“Set the Controls for the Heart of the Sun” (Waters) – 9:12
“A Saucerful of Secrets” (Waters/Wright/Gilmour/Mason) – 12:48

Disc two: studio album
“Sysyphus Part 1” (Wright) – 1:03 (CD) 4:29 (LP)
“Sysyphus Part 2” (Wright) – 3:30 (CD) 1:49 (LP)
“Sysyphus Part 3” (Wright) – 1:49 (CD) 3:07 (LP)
“Sysyphus Part 4” (Wright) – 6:59 (CD) 3:38 (LP)
“Grantchester Meadows” (Waters) – 7:26
“Several Species of Small Furry Animals Gathered Together in a Cave and Grooving with a Pict” (Waters) – 4:59
“The Narrow Way Part 1” (Gilmour) – 3:27
“The Narrow Way Part 2” (Gilmour) – 2:53
“The Narrow Way Part 3” (Gilmour) – 5:57
“The Grand Vizier’s Garden Party Part 1: Entrance” (Mason) – 1:00
“The Grand Vizier’s Garden Party Part 2: Entertainment” (Mason) – 7:06
“The Grand Vizier’s Garden Party Part 3: Exit” (Mason) – 0:38

  • Atom Heart Mother adalah album keempat dari Pink Floyd yang berhasil menyusul kesuksesan 3 album sebelumnya dengan menduduki nomer 1 di tangga album di U.K tahun 1970

Side one
“Atom Heart Mother” (David Gilmour/Roger Waters/Rick Wright/Nick Mason/Ron Geesin) – 23:44

Side two
“If” (Roger Waters) – 4:31
“Summer ’68” (Rick Wright) – 5:29
“Fat Old Sun” (David Gilmour) – 5:24
“Alan’s Psychedelic Breakfast” (David Gilmour/Roger Waters/Rick Wright/Nick Mason) – 13:00

  • Direkam dari januari sampai agustus 1971, pada oktober 1971 telah diterbitkannya album kelima

Side one
“One of These Days” – 5:57
“A Pillow of Winds” – 5:10
“Fearless” – 6:08
“San Tropez” – 3:43
“Seamus” – 2:15

Side two
“Echoes” – 23:29

Tidak seperti album sebelumnya yang setiap tahunnya Pink Floyd selalu merilis suatu karya album, Dengan memiliki waktu yang lumayan lama dalam pembuatannya karya album selanjutnya rilis pada beberapa tahun yang berbeda. Seperti;

  • Album ke-enam The Dark Side of the Moon (1973) dengan 10 track lagu.
  • Album ke-tujuh Wish You Were Here (1975) dengan 5 track lagu.
  • Album ke-delapan Animals (1977) dengan 5 track lagu.
  • Album ke-sembilan The Wall (1979) dengan 26 track lagu dan dijadikan 1 soundtrack film.
  • Album ke-sepuluh The Final Cut (1983) dengan 12 track lagu (sebelum keluarnya sang bassis Roger Waters).
  • Album ke-sebelas A Momentary Lapse of Reason (1987) dengan 10 track lagu (setelah keluarnya Roger Waters).
  • Album ke-dua belas adalah album terakhir yang di karya kan oleh Pink Floyd yakni The Division Bell (1994) dengan 11 track lagu.

Dan semua album mereka selalu menduduki peringkat nomor #1 di tangga album pada United Kingdom dan United States maupun keduanya secara sekaligus. Dengan kesuksesan mereka terdapat label besar dunia yang telah membantu menerbitkan semua albumnya yaitu: EMI ColumbiaHarvestCapitolColumbiaEMI Records.


Pink Floyd-

Pink Floyd dengan hasil jerih payah dalam pembuatan karya yang selalu mereka capai dengan kesuksesan serta ke originalitas dan kreatifitasan mereka yang telah menghasilkan 12 album dan 113 track lagu lebih, dan selalu menduduki peringkat terbaik, di tangga album negara sendiri hingga negara para tetangga adalah salah satu bukti bahwa mereka adalah salah satu legenda besar dalam Musik Dunia dari tahun 1965 hingga saat ini tahun 2015 yang tak bisa kita lupakan karyanya. Mereka adalah satu dari sekian banyak band yang satu-satunya memiliki album dengan track terbanyak didalamnya. Kekreatifitas dan kesuksesan mereka dalam dunia musik telah menjadi inspirasi bagi musisi-musisi baru dunia dari segala macam genre musik yang ada. Dan dapat kita lihat banyak dari kemegahan konser mereka musisi-musisi dunia lain pada tahun tersebut pun ikut membantu dan menghormati karya mereka, seperti: David Bowie, Bob dylan, Syd Barret, Elton John, B.B King, Paul McCartney, dan musisi dunia lainnya. Album UmmaGumma, The Wall, The Dark Side Of The Moon, Wish You Were here, dan The Division Bell lah album terfavorite saya sendiri sebagai fans berat dari band Legenda Pink Floyd ini.


Perpecahan & Reuni

Sayangnya dengan 30 tahun telah berkarya bersama dalam bentuk suatu band, Pada kian waktu sebelumnya sempat terjadi perseteruan besar yang terjadi. Sang Bassis terpaksa meninggalkan rekan satu bandnya dan berseteru dengan anggota lainnya yang mengakibatkan terjadi perpecahan yang mengakibatkan Roger Waters meninggalkan Pink Floyd dan sempat memecat sang keyboards Mendiang Rick Wright pada tahun 1979 dalam waktu pembuatan album The Wall karena masalah pribadi. Tak hanya berseteru dengan Rick Wright tetapi hubungan buruk dari Roger dan Gilmour pun semakin memuncak dalam pembuatan film The Wall dan album The Final Cut (1983). Album The Final Cut merupakan album Pink Floyd dengan angka penjualan paling rendah dan sama sekali tidak menghasilkan single. Gilmour berusaha menunda proses rekaman album sampai dirinya mendapat ide baru, tapi Waters menolak. Peristiwa ini berakhir dengan bubarnya Pink Floyd seperti diumumkan Waters pada tahun 1985. Setelah ada usaha dari pihak Gilmour untuk terus menggunakan nama “Pink Floyd”, pertengkaran Waters dan Gilmour berlanjut di pengadilan dan media massa. Perdamaian tercapai setelah Gilmour dan Mason memenangkan hak penggunaan nama Pink Floyd berikut hak atas sebagian besar lagu-lagu Pink Floyd. Waters memenangkan hak atas album The Wall, Tetapi setelah keluarnya Roger Waters dari Pink Floyd. Dan setelah beberapa tahun yang datang, Waters dan Gilmour tampil bersama di London sebagai Pink Floyd dalam konser Live 8. Konser Live 8 adalah penampilan pertama Roger Waters bersama Pink Floyd setelah 24 tahun tidak tampil bersama. Dan mereka berpenampilan sangat baik dan harmonis dalam menyajikan dan mengiringi album-album Pink Floyd yang telah lama dinanti oleh fans-fansnya untuk melihat keselarasan dari klasik Pink Floyd dengan adanya Gilmour, Rogers, Mason, dan mendiang Wright.

Paul Gilmour, Roger Waters, Nick Mason, Rick Wright 2005 (dari sebelah kiri)
Paul Gilmour, Roger Waters, Nick Mason, Rick Wright 2005 (dari sebelah kiri)

Tinggalkan komentar